Tips dan Trik Mengatasi Lag Saat Bermain Game AOV (Arena of Valor)

Hallo sobat klik mobilez, pada artikel kali ini saya akan mengulas Tips dan Trik Bagaimana Cara Mengatasi Lag Saat Bermain Game AOV (Arena of Valor).


Game besutan Garena ini yaitu Arena of Valor atau yang bisa di singkat menjadi AOV merupakan salah satu game action moba terbaik 5vs5 yang cukup populer. Bagaimana tidak, akhir-akhir ini AOV sering mengadakan event-event menarik dari mulai mendapatkan hero dan skin hero gratis untuk yang rajin login setiap hari, mendapatkan pulsa bahkan bisa dapat 7 Miliar, wow, amazing men!!. Selain itu, AOV juga memiliki grafis yang cukup jernih, bisa dibilang tampilannya HD. serta di tambah dengan efek animasi yang super keren. Namun tentu saja untuk bisa memainkan game AOV ini ponsel kalian setidaknya harus memiliki RAM di atas 1GB agar tidak lag / patah-patah saat gameplay sedang berlangsung. Pasti kalian para gamers, hal yang paling menyebalkan saat bermain game adalah lag atau sering force close.





Namun ternyata, adakala ketika perangkat kita sudah mendukung untuk bermain game AOV tersebut entah mengapa masih saja terasa LAG saat memainkannya. Buat kamu yang merasakan hal tersebut, berikut adalah Tips dan trik untuk mengatasinya.


Tips dan trik Mengatasi Lag Saat Bermain Game AOV ( Arena of Valor )


1. Menstabilkan Koneksi Internet Saat Bermain AOV
Langkah pertama untuk mengatasi lag di AOV adalah menstabilkan jaringan. Sebelum bermain AOV alangkah baiknya jika sobat check terlebih dahulu koneksi internet yang sobat gunakan, serta keberadaan dimana sobat bermain. Sangat bagus jika sobat berada pada area dengan internet yang stabil dan cepat, ini bisa meminimalisir kejadian LAG saat bermain. Untuk menstabilkan jaringan internet pada ponsel Android, sobat bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga seperti, Terminal Emulator for android, HDPA+ Tweaker atau Ping Tools. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis melalui Google Play Store.


2. Melegakan RAM untuk bermain AOV
Langkah kedua melegakan memory RAM ponsel, agar tambah lancar saat bermain AOV. Untuk melegakan RAM ponsel ini Saya memilki dua cara, yaitu cara pertama untuk Android yang sudah root, dapat menggunakan aplikasi App Freze yang dapat di untuh di Google Play secara gratis. App Freze ini berfungsi untuk membekukan aplikasi-aplikasi yang kalian anggap tidak terlalu penting. Untuk cara menggunakannya, Cari aja sob di youtube banyak kok hehehe..  ^_^

Cara kedua untuk melegakan RAM untuk HP Android nya belum di root. Masuk ke Pengaturan > App Terinstall / App Manager > lalu cari aplikasi media sosial seperti BBM, Whatsapp, Facebook dan lainnya, yang sekiranya tidak terlalu penting > lalu pilih Paksa Berhenti / Nonaktifkan. Cara ini cukup ampuh untuk melegakan RAM pada ponsel yang belum di root.


3. Setting Resolusi Game di AOV
Untuk yang satu ini kembali ke selera masing-masing, adakala kita juga perlu mengubah pengaturan resolusi pada game, menggunakan resolusi max pada game tentu saja akan membuat beban memory bertambah, terutama pada grafis GPU nya dan hal tersebut juga memicu LAG saat memainkan game AOV, Untuk mengatasinya silahkan ubah resolusi game menjadi lebih rendah dari kualitas standart. Dan Jika sobat bermain AOV di HP RAM 1GB lebih baik menonaktifkan beberapa fitur efek seperti Info Target, Outline Jendela Peta Mini, Kualitas tampilan, kualitas partikel, gambaran Untuk menonaktifkan efek-efek ini pada halaman awal AOV silahkan pilih Icon Gear yang ada di sudut kanan atas, lalu pilih Menu umum dan kemudian lanjut ke Tampilan. Perhatikan gambar di bawah ini agar lebih jelas.




4. Nonaktifkan Fitur Pengehemat Baterai Smartphone
Pada beberapa smartphone keluar terbaru telah memilki fitur penghemat baterai, lebih baik fitur ini di nonaktifkan saja ketika sobat hendak bermain AOV. Karena fitur ini dapat mengurangi koneksi internet, dan beberapa fitur lainnya, sehingga ponsel sobat kurang optimal untuk bermain AOV.


5. Jangan Bermain Sambil Charger
Bermain game sambil nge-charger dapat menyebabkan ponsel overheat / gampang panas. Selain dapat menyebabkan komponen ponsel rusak, hal ini juga bisa menyebabkan lag saat bermain.


6. Hindari Overheat ( Panas Berlebihan )
Saat bermain game MOBA seperti AOV tentunya layar smartphone kita akan selalu menyala, bayangkan saja bertapa panas hangatnya layar smartphone anda saat bermain game MOBA, karena layar bisa menyala secara continue lebih dari 45 menit, dan hal tersebut dapat memberikan efek overheat pada smartphone terutama pada proci dan baterai.

Untuk mengatasinya, kalian bisa men-charge smatphone dalam keadaan OFF terlebih dahulu hingga penuh, lalu diam untuk beberapa saat. Gunakan pencayahaan layar yang tidak terlalu terang.


7. Bersihkan  Memory / Cache dari File Sampah
Untuk membersihkan memory / cache dari file sampah, kalian bisa menggunakan aplikasi booster maupun aplikasi pembersih clean and cookies seperti ccleaner pembersih file temp, berkas bekas (sisa) instalasi, bekas sisa browsing dan sebagainya. Dengan membersihkan memory dari file sampah maka akan memberikan ruang yang longgar untuk kinerja RAM. Langkah ini juga sebagai salah bentuk cara untuk mengurangi panas pada smartphone sekaligus menghentikan beberapa aplikasi yang tidak terpakai pada smartphone (seperti start-up yang autoload).



Nahh, itulah Tips dan trik mengatasi lag / patah-patah saat bermain AOV di ponsel yang dapat saya sampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat meningkatkan pengetahuan anda. Selamat mencoba!

Bijaklah dalam Membuat Artikel Jika ingin Copas/Mengambil Artikel ini Tolong Sertakan BackLink Sumber : Klikmobilez.blogspot.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »